Rumah Tetap Adem Meski Tanpa AC

Posted by System 17/03/2019 0 Comment(s) Tips,Ide,Inspirasi,Manfaat,

Cuaca di negara tropis seperti Indonesia memang cenderung panas, terlebih lagi saat musim kemarau tiba. Saat musim hujan pun, tak jarang cuaca tetap terasa panas saat siang hari, kemudia disusul hujan lebat pada malam harinya. Tak heran jika saat ini kipas angin adalah benda yang wajib ada di dalam rumah. Bahkan, penggunaan AC (Air Conditioner) yang dulu masih dianggap sebagai barang mewah, kini sudah mulai lumrah digunakan.

 

Namun, penggunaan AC rupanya memunculkan masalah baru. Sebab, tagihan listrik membengkak akibat adanya penggunaan AC tersebut. Sebenarnya, rumah Anda bisa tetap adem di tengah cuaca yang panas dengan beberapa trik, lho! Tidak percaya? Praktekkan 6 rahasianya di bawah ini dan siap-siaplah meninggalkan AC!

 

1. Bangun Langit-Langit Tinggi untuk Rumah Anda.

 

 

Jika Anda masih dalam tahap akan membangun rumah atau membeli rumah, bangun atau pilih rumah dengan plafon yang tinggi. Sebab, dengan meninggikan langit-langit dan membuat ruang terbuka untuk atap rumah dapat membuat rumah Anda terasa lebih sejuk dan adem. Rumah dengan plafon yang tinggi akan terasa lebih luas, tidak ada lagi kesan sempit dan menyesakkan.

 

2. Gunakan Lapisan Aluminium Foil.

 

 

Anda juga dapat menggunakan lapisan aluminium foil untuk melapisi bawah genteng atap rumah. Cara ini dianggap dapat meredam hawa panas yang masuk ke dalam rumah. Bagi Anda yang memiliki bentuk atap datar, Anda dapat membuat rongga di bawah atap supaya dapat mengusir panas dari daerah loteng.

 

3. Terapkan Ventilasi Silang.

 

 

Jika Anda merasa bahwa 1 jendela saja cukup untuk satu ruangan di rumah, maka bukan hawa sejuk atau semilir angin yang Anda dapatkan, melainkan rasa gerah. Rumah Anda membutuhkan pertukaran udara yang baik, dan cara ini dapat ditempuh dengan membangun cross ventilation atau ventilasi silang. Buatlahdua buah jendela atau lubang angin yang berhadapan, agar udara dapat keluar dan masuk dengan baik.

 

4. Manfaatkan kaca film.

 

 

Kaca film ini memiliki beragam fungsi, diantaranya kaca film untuk keamanan rumah, menjaga privasi, dan menolak panas matahari. Anda dapat memanfaatkan fungsi kaca film untuk menghalau hawa panas ke dalam rumah, terutama bagi Anda yang mengusung desain rumah eco-friendly. Jadi, sinar matahari tetap bisa masuk tanpa membuat rumah terasa panas dan gerah.

 

5. Minimalisir penggunaan material keras sebagai penutup halaman.

 

 

Material keras yang dimaksudkan disini adalah dinding beton atau tembok semen. Material keras tersebut tidak disarankan untuk digunakan sebagai penutup halaman atau tempat parkir. Sebab, material keras ini bekerja sangat baik dalam memantulkan panas. Akibatnya, ruangan di rumah Anda akan terasa panas. Tanami halaman dengan rumput-rumputan, atau gunakan paving block yang memiliki rongga untuk rerumputan untuk memperoleh cuaca yang lebih sejuk.

 

6. Ubah cat rumah Anda.

 

 

Warna cat tampaknya sepele, tapi sebenarnya sangat berpengaruh pada kondisi sejuk atau tidaknya rumah Anda. Sebaiknya, Anda menggunakan warna-warna lembut yang dapat memberi kesan dingin dan adem di rumah, seperti hijau lime, biru muda, atau krem. 

 

7. Buat kolam sederhana di rumah.

 

 

Adanya elemen air di rumah selain menambah estetika, juga dapat memberikan kesan sejuk dan adem. Ditambah lagi jika Anda melengkapi kolam dengan aksesoris lain seperti batu-batu alam, tanaman hias, dan sebagainya. Hawa panas dapat terserap dan menambah suplai oksigen untuk rumah Anda.

 

8. Perbanyak tanaman.

 

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa adanya banyak tanaman di rumah membuat rumah lebih rindang dan adem. Bahkan, suhu yang tadinya cenderung tinggi, akan menurun ketika di sekitarnya terdapat banyak tanaman. Anda dapat menanam tanaman rambat yang Anda rambatkan di dinding, pagar, atau canopy. Tidak hanya tampak adem, tapi rumah Anda juga akan benar-benar adem!.

 

Tidak masalah jika Anda baru bisa mempraktekkan salah satu dari 8 cara di atas. Lakukan saja secara bertahap, sambil perlahan-lahan meninggalkan penggunaan AC. Selamat praktek, ya!.