13 Inspirasi Desain Dalam Menyiasati Dapur Minimalis

Posted by System 22/04/2019 0 Comment(s) Tips,Ide,Inspirasi,

Bereksplorasi dengan rumah menjadi suatu kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Ada yang suka mengutak atik halaman rumahnya, ruang keluarga, atau kamar tidur. Bagaimana dengan dapur, adakah diantara Anda yang suka bereksperimen dengan desain dapur di rumah?.

 

Bagi sebagian orang, dapur rupanya tidak termasuk dalam kategori area terpilih untuk dieksplor. Beragam alasan melatarbelakangi hal ini, mulai dari anggapan bahwa area dapur sudah tidak bisa diapa-apakan, jika dieksplor pun akan begitu-begitu saja, hingga alasan lahan yang sempit. Padahal, kondisi dapur dengan lahan terbatas pun bisa dieksplorasi.

 

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk mengeksploasi dapur lebih jauh, Anda bisa menengok sejumlah inspirasi desain dapur mini berikut ini. Siapa tahu salah satu trik desainnya dapat mengilhami desain dapur Anda yang baru. Penasaran seperti apa?.

 

1. Pintar mengatur perlengkapan dapur.

 

Jika hanya ada satu area kecil di sudut rumah Anda, mau tidak mau Anda harus pintar mengaturnya. Misalnya saja bagian atas Anda beri rak untuk menyimpan perlengkapan memasak seperti panci, teflon, wajan, dan sebagainya, sedangkan area bawah Anda gunakan untuk menyimpan bahan makanan atau perlengkapan makan seperti piring, mangkok, cangkir, dan gelas. Dapur Anda menjadi lebih efisien bukan?.

 

2. Memanfaatkan seluruh area.

 

Hampir mirip dengan cara sebelumnya, namun pada poin ini memanfaatkan seluruh area berarti benar-benar menggunakan seluruh area yang ada di dapur, hingga tidak ada satupun area yang kosong! Mungkin kedengarannya tampak berantakan, tapi coba perhatikan desain berikut ini. Dengan penataan yang baik, maka hasilnya juga akan rapi dan maksimal.

 

3. Menggantung peralatan masak, kenapa tidak?.

 

Orang Indonesia cenderung meletakkan peralatan masaknya ke dalam lemari. Jika digantung, mereka cenderung menggantungnya di dinding tembok, jarang sekali yang menggantungnya di tengah ruangan. Cara ini baik untuk Anda coba di rumah, dengan syarat Anda pun memperhatikan kondisi bangunan dan kebersihan dapurnya.

 

4. Perbanyak intensitas pencahayaan.

 

Bila dinding dapur Anda minim jendela, Anda dapat menjebolnya agar lebih banyak cahaya yang masuk ke dalam dapur. Selain dapat memperbaiki siklus udara di dalam ruangan, cara ini juga ambuh untuk membuat dapur tampak lebih besar dan lebih menarik dilihat.

 

5. Fungsikan setiap sudut sebagai meja.

 

Area dapur yang kecil membuat Anda tidak dapat mengatur barang dengan leluasa. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membuat seluruh sudut dapur ini berfungsi sebagai meja. Katakanlah Anda membutuhkan lemari untuk menyimpan peralatan, bentuklah lemari itu sekaligus sebagai meja. Anda akan sangat membutuhkannya untuk mengolah bahan masakan atau sekedar menaruh perlengkapan memasak.

 

6. Gunakan peralatan memasak yang lebih efisien.

 

Jika pada poin sebelumnya area dapur dimaksimalkan untuk meja, pada poin ini Anda akan melihat bahwa area dapur mini dapat Anda maksimalkan sebagai lemari penyimpanan. Tidak hanya itu, dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, peralatan memasak seperti oven dan kompor pun kini tampil dengan desain yang lebih modern dan memiliki efisiensi terhadap penggunaan ruangan.

 

7. Kombinasikan penggunaan ruangan dapur dengan ruangan lain.

 

Cara ini sangat cocok diterapkan di rumah yang tidak memiliki banyak sekat. Dapur inti hanya memanfaatkan sedikit lahan dari keseluruhan area rumah, sifatnya terbuka bergabung sekaligus dengan ruang makan dan ruang keluarga. Desain dapur seperti ini tampak menarik, hanya saja ketika Anda enggan untuk selalu menjaga kebersihan, maka seluruh area rumah justru akan terlihat kumuh.

 

8. Aplikasikan warna terang.

 

Warna-warna terang biasanya banyak diaplikasikan di kamar anak, atau bagi mereka penyuka bohemian style (http://pantesgallery.com/article/3-Dekorasi-Cantik-Ala-Bohermian-Style-yang-Cocok-Untuk-Rumah-Anda) biasanya mengapilkasikan warna terang di ruang tamu atau ruang keluarga. Padahal bila diaplikasikan di dapur, warna terang pun dapat memberikan kesan positif, lho! Lebih bergairah dan menambah semangat.

 

9. Peralatan makan berwarna untuk mempercantik ruangan.

 

Peralatan makan rupanya tidak hanya bermanfaat sesuai fungsi harfiahnya, tapi juga mampu menjadi sarana/alat untuk mempercantik tampilan dapur mini Anda. Asal bisa menatanya dengan baik, dapur yang polos bisa tampak meriah dan bergairah dengan adanya peralatan makan yang berwarna-warni. Bagi Anda yang enggan mendekor ulang dapur secara total, cara ini bisa menginspirasi. Selamat mencoba!.

 

10. Praktekkan ilmu DIY homedecor.

 

Rumah sempit, dapur sempit, dan tidak ada tempat untuk makan? Gampaang, coba buat meja sendiri saja. Banyak kok tutorial membuat perabot rumah yang ada di Pinterest atau You Tube. Seperti meja makan lipat pada gambar di bawah ini, untuk uji coba awalnya Anda bisa menggunakan kayu palet bekas. 

 

11. Desain dapur minimalis.

 

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan desain minimalis, sesuaikan saja desain dapur dengan desain rumahnya. Ini berarti, Anda juga harus benar-benar memikirkan tata letak perabot dan kapasitas penyimpanan peralatan. Biasanya, desain seperti ini cocok dengan pasangan muda yang bekerja di luar rumah dimana mereka jarang beraktivitas di dapur.

 

12. Mempergunakan dinding seperti rak gantung.

 

Jika sebelumnya ada dapur yang memanfaatkan seluruh areanya, dapur yang satu ini justru memanfaatkan dinding seperti layaknya rak gantung. Hanya bedanya, dinding ini bukan digantungi panci atau teflon, melainkan pisau, gelas, dan alat-alat memasak. Selain ringkas, dapur yang memanfaatkan desain ini juga tampak artistik.

 

13. Fokus pada perlengkapan dapur inti.

 

Bila dapur Anda benar-benar tidak memiliki lahan, maka gunakan area kecil saja sebagai dapur untuk sekedar berisi bak cuci, kompor, dan buat semacam lemari peralatan di sisi bawah serta atas dinding. Untuk meracik bahan masakan, Anda dapat melakukannya di ruangan lain (seperti ruang makan).

 

Bagaimana, apakah Anda sudah mendapat insprasi untuk desain dapur di rumah? Jika Anda memperoleh berbagai referensi, Anda dapat mengkombinasikannya dengan referensi desain lain yang Anda miliki. Buatlah perencanaan dan hitung dengan cermat anggarannya. Selamat mewujudkan dapur mini impian!.