Cara Mudah Kembalikan Kilau dan Kebersihan Bak Cuci Anda

Posted by System 21/02/2019 0 Comment(s) Tips,Solusi,

Perabot dapur berbahan logam stainless steel seperti bak cuci piring kitchen sink telah banyak digunakan. Namun seiring waktu, kilap pada bak cuci bisa memudar secara perlahan. Terlebih lagi bila jarang membersihkannya setelah terkena residu sabun cuci, maka kerak dan karat akan menjadi "penghuni baru" bak cuci Anda. 

 

Lalu, bagaimana mengatasinya? Kali ini, Pantes akan memberikan solusi bagi Anda yang ingin agar perabot dapur Anda tetap kinclong, tahan kilap, serta anti kerak dan karat!.

 

1. Rutin bersihkan dengan sabun cuci piring setelah digunakan.

Biasakan untuk segera membersihkan kotoran yang ada pada bak cuci Anda. Lakukan pembersihan ringan yakni dengan menggosok seluruh permukaan bak cuci dengan spons yang telah diberi sabun cair pencuci piring. Gosok secara merata kemudian untuk hasil maksimal Anda dapat membilasnya dengan air hangat hingga bersih. Keringkan bak cuci piring stainless dengan lap kain kering. Pembersihan ringan semacam ini dapat Anda lakukan sehari sekali atau setiap kali Anda selesai mencuci peralatan dapur.

 

2. Jika kotoran mulai sulit dihilangkan, bersihkan dengan baking soda atau cuka putih.

Baking soda hanya digunakan ketika terdapat kotoran yang tidak bisa tertanggulangi oleh sabun cair pencuci piring. Baking soda cukup lembut, sehingga tidak membuat bak cuci Anda tergores. Sedangkan cuka merupakan desinfektan alami yang membantu menghilangkan noda pada bak cuci berbahan stainless steel. 

 

Cara penggunaannya mudah, bersihkan terlebih dulu bak cuci Anda dengan sabun cair pencuci piring. Setelah dibilas, taburkan baking soda secukupnya ke seluruh permukaan bak cuci dan gosok dengan gerakan melingkar menggunakan spons lembut. Untuk cuka, Anda dapat mencampurkan cuka putih dengan sedikit air. Tuang cairan tersebut sedikit demi sedikit ke permukaan kitchen sink, gosok perlahan dengan spons, bilas air lalu keringkan dengan lap.

 

3. Kombinasikan cuka dan pasta gigi untuk noda membandel.

Bila penggunaan cuka putih dirasa belum maksimal dan masih terdapat noda membandel, Anda bisa menyempurnakan proses pembersihannya dengan pasta gigi. Setelah menggunakan cuka putih, Anda dapat mengoleskan pasta gigi pada bak cuci Anda, gosok perlahan menggunakan spons. Terakhir, bilas bersih bak cuci kemudian lap untuk membuatnya kering.

 

4. Musnahkan bau tak sedap dengan lemon atau kulit jeruk.

Caranya sederhana saja, yakni dengan menggosokkan lemon atau kulit jeruk pada permukaan bak cuci. Selain dapat membuat bak cuci Anda mengkilap, bau tak sedap yang melekat pada perabot cuci Anda pun bisa musnah dengan cara ini. Anda dapat menaruh penyegar seperti kamper di dalam saringan saluran air agar kitchen sink lebih segar.

 

5. Gosokkan baking soda dan kentang untuk menghilangkan karat.

Bila bak atau kran cuci Anda terlanjur berkarat dan tidak bisa tertanggulangi dengan baking soda maupun cuka, Anda dapat mencoba menghilangkannya menggunakan kentang. Caranya, tuang sedikit baking soda ke permukaan bak cuci, kemudian gosok permukaan tersebut dengan menggunakan irisan kentang. 

 

Bila kran pada bak cuci Anda mengalami noda kerak atau karat yang parah, sebaiknya Anda segera mengganti perabot dapur tersebut. Sebab, dikhawatirkan banyak bakteri dan kuman yang menempel yang dapat mengganggu kesehatan Anda dan keluarga di rumah. Di Pantes Gallery lantai 1, kami menyediakan berbagai pilihan bak cuci dengan kualitas terbaik yang siap diaplikasikan rumah Anda. Setelah memasang bak cuci baru di rumah, jangan lupa untuk terus merawatnya agar dapat tahan lebih lama.