4 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memasang Jendela!

Posted by System 19/07/2019 0 Comment(s) Tips,Inspirasi,

Banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan ketika sedang membangun sebuah rumah. Misalnya saja dimana letak kamar, dimana letak kamar mandi, bahkan hal sederhana seperti letak jendela pun harus Anda pikirkan baik-baik. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan Anda pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan letak jendela di rumah. Hal ini erat hubungannya dengan maksimal atau tidaknya fungsi jendela yang nanti Anda pasang. 

 

Yuk, coba simak sebentar artikel di bawah ini!

 

1. Memikirkan sebuah fungsi

 

 

Sama seperti halnya rumah yang berfungsi sebagai tempat untuk berteduh, berlindung, dan berkumpul bersama keluarga, jendela juga memiliki fungsi. Anda perlu mempertimbangkan fungsi tersebut agar dapat disesuaikan dengan lokasi penempatannya. Misalnya, fungsi jendela untuk memperlancar sirkulasi udara, atau sebagai sarana pendukung masuknya cahaya matahari di dalam rumah.

 

2. Mengenali beragam jenis treatment pada jendela

 

 

Tahukah Anda bahwa tampilan jendela dapat Anda variasikan sesuai dengan tujuannya?Treatment variasi jendela ini selain terbagi berdasarkan tujuan, juga terbagi berdasarkan posisi dan kegunaan jendela tersebut. Berikut ini pilihan treatment jendela yang dapat Anda aplikasikan di rumah:

 

  • Blinds

Jendela dengan tirai yang terbentuk dari plastik atau kayu yang disusun menjadi bilah-bilah, kalau di Indonesia sering disebut kerai. Blinds ini bisa dipasang langsung di dalam bingkai jendela, dimana tujuannya adalah untuk membuat tampilan jendela yang kecil tampak lebih besar dari luar.

  • Shades

Semacam tirai yang terbuat dari kain dan memiliki berbagai tingkat kecerahan, contohnya adalah tirai roller yang memiliki gulungan di atas bingkai jendela. Jika ingin membuka atau menggulungnya, Anda harus menarik tali yang berfungsi sebagai tuas katrol tirai.

  • Drapes
    Melekat pada bingkai jendela berbentuk tirai dan memiliki banyak ragam dari berbagai jenis kain, ukuran, dan motif. Selain itu, drapes ini bisa kita pesan sesuai ukuran jendela yang ada di rumah, alias custom design. Di Indonesia, kita mengenalnya dengan istilah gordyn.
     
  • Shutter
    Ini merupakan item yang paling mahal dari keseluruhan treatment jendela, dimana bingkai jendela seluruhnya menggunakan kayu asli.

 

3 . Lakukan pengukuran sebelum menerapkan variasi treatment pada jendela rumah Anda

 

 

Setelah memahami kegunaan dan beberapa variasi treatment jendela yang akan Anda pasang, Anda harus melakukan pengukuran secara rinci pada jendela rumah. Pengukuran ini harus Anda lakukan agar tepat dalam memilih tirai/penutup jendela yang Anda butuhkan. Perlu Anda ketahui bahwa jendela tidak memiliki ukuran standar, terutama jendela dengan treatment shutter yang dibuat secara custom.

 

4 . Jangan lupa Estetika!

 

 

Setelah kamu melakukan pengukuran secara rinci pada jendela tersebut, jangan sampai mengabaikan estetikanya. Perhatikan ornamen atau aksesoris-aksesoris pemanis untuk jendela Anda. Anda dapat 'bermain' pada warna tirai atau gordyn, seperti mencocokkan warna dengan ruangan, mengaplikasikan material yang bermotif, atau malah menambahkan aksesoris pemanis yang lain.

 

Misalnya jika Anda ingin ruangan tampak lebih teduh, Anda bisa menggunakan 2 lapis tirai. Tirai pertama berwarna putih tipis, dan tirai kedua menggunakan bahan tebal dengan warna solid coklat krem. Saat pagi, tirai coklat krem dapat Anda buka untuk memaksimalkan cahaya matahari yang masuk. Sedangkan saat siang, Anda bisa menutup tirai tersebut untuk mencegah masuknya sinar matahari yang menyebabkan silau.

 

Banyak orang sering melakukan pemasangan jendela tanpa memikirkan hal-hal di atas. Dengan mengetahui hal tersebut, harapannya dapat memberikan memaksimalkan fungsi jendela dan treatment yang tepat untuk jendela di rumah Anda.