Article

Thursday, August 23, 2018

Tips Menata Rumah Agar Ramah Anak

Home > Article > Tips Menata Rumah Agar Ramah Anak

Memiliki buah hati adalah impian hampir semua pasangan yang telah menikah. Setelah  sang buah hati lahir ke dunia, tentu sebagai orang tua Anda ingin memberikan semua yang terbaik untuk mereka. Termasuk dalam hal tempat tinggal.

Tempat tinggal terbaik bagi anak, dalam hal ini rumah, adalah yang aman baik dari ancaman di luar rumah maupun dari segi interior. Prinsip utama rumah yang aman untuk anak antara lain tidak ada ujung furnitur yang tajam, tidak ada permukaan lantai yang licin, tidak ada kabel dan stop kontak terbuka, serta tidak ada benda-benda berbahaya berserak.

Namun jika pada rumah Anda terlanjur terdapat hal-hal tersebut, beberapa tips mudah berikut ini dapat Anda terapkan untuk membuat rumah ramah anak.

  1. Tambahkan Karpet Pada Lantai Keramik

    Jika Anda menggunakan lantai yang bersifat licin seperti keramik, akali dengan menambahkan karpet di atasnya untuk mencegah anak terpeleset. Karpet juga dapat sekaligus berfungsi sebagai alas saat keluarga Anda beraktivitas di lantai. Letakkan karpet di area ruang keluarga, ruang bermain, serta kamar di mana anak balita Anda banyak menghabiskan waktu.
  2. Tutup Terminal Listrik Dan Sembunyikan Kabel

    Terminal listrik atau colokan merupakan sumber bahaya. Anak balita yang sedang suka bereksplorasi akan gampang penasaran terhadap benda-benda di sekitarnya. Bukan tidak mungkin si anak akan menyentuh lubang colokan terbuka kemudian tersengat listrik.  Untuk mencegahnya, tutup setiap colokan yang terlihat dan sembunyikan kabel-kabel di seluruh penjuru rumah.
  3. Beri Pelindung Pada Ujung Meja
    Sudut-sudut meja yang tajam dapat menyebabkan si kecil cedera jika terantuk. Selalu beri pelindung pada pinggiran meja kaca yang tajam serta pada sudut-sudut furnitur lain.
  4. Hilangkan Sekat Antar Ruang
    Rumah dengan konsep terbuka lebih ideal untuk Anda yang memiliki anak balita. Tidak adanya sekat antar ruang membuat ruang terasa lebih lega sehingga si kecil leih leluasa untukbergerak. Anda  pun dapat melakukan aktivitas sembari mengawasi si kecil yang sedang bermain. Untuk menciptakan kesan ruangan terbuka, Anda dapat meminggirkan lemari, bufet, atau sofa-sofa ke dinding.
  5. Beri Penutup Untuk Tangga

    Anda yang memiliki rumah berlantai dua perlu menambahkan pagar penutup di ujung-ujung tangga untuk mencegah si kecil berlarian di tangga tanpa pengawasan. Pastikan pagar penutup untuk tangga tidak mudah dibuka oleh si kecil ya.
  6. Beri Karet Penahan Pada Daun Pintu
    Daun pintu seringkali mudah tertutup tiba-tiba. Si kecil pun dapat terjepit sewaktu-waktu. Untuk mencegah hal tesebut, Anda dapat memasang karet penahan pada daun pintu. Selain memasang karet penahan, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan handle dan jenis kunci pintu yang aman.

Bermacam-macam handle dan kunci pintu yang Anda butuhkan tersedia di Pantes Solution. Kunjungi galeri kami untuk melihat lebih dekat berbagai pilihan aksesoris pelengkap daun pintu Anda. 

Comments

Post has no comments.

Enter Word Verification in box below

Captcha Image

Trackback Link

http://pantesgallery.com/BlogRetrieve.aspx?BlogID=20142&PostID=1027061&A=Trackback

Trackbacks

Post has no trackbacks.

CALL NOW (024) 352 2022