Article

Wednesday, April 25, 2018

Kloset Jongkok vs Kloset Duduk

Home > Article > Kloset Jongkok vs Kloset Duduk

Gambar1. Kamar mandi modern minimalis
Sumber: i.pinimg.com

Menentukan peralatan kamar mandi untuk rumah Anda bisa menjadi hal yang cukup menantang. Pasalnya, selera dan kebutuhan masing-masing anggota keluarga berbeda-beda. Mulai dari warna keramik, pemilihan jenis shower, sampai bentuk kloset yang akan digunakan. 

Gambar2. Kloset duduk vs Kloset jongkok
Sumber: www.zeropromosi.com

Ada dua jenis kloset yang banyak kita temui di rumah-rumah, maupun di tempat umum yaitu kloset jongkok dan kloset duduk.

Kloset Jongkok 

Gambar3. Kloset jongkok
Sumber: i.pinimg.com

Kloset jongkok banyak ditemui di negara Asia Tenggara, Asia Timur, India, hingga di beberapa negara Eropa Selatan dan Eropa Timur. Jenis kloset ini terinspirasi dari bentuk kakus tradisional jaman dahulu. Kloset jongkok konvensional yang banyak ditemui dirumah atau di tempat umum biasanya dipasang di kamar mandi basah yang dilengkapi dengan bak penampungan air (bak mandi). Sedangkan kloset jongkok otomatis, biasanya dilengkapi dengan tombol atau tuas flush untuk toilet kering. Buang air besar dengan posisi jongkok dinilai lebih sehat dari segi kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan. Selain itu, posisi jongkok akan melatih kekuatan otot dan betis. Kloset jongkok juga dinilai lebih higienis karena tidak perlu melakukan kontak secara langsung, sehingga meminimalisir penyebaran kuman dan bakteri. Kelemahannya, toilet jenis ini tidak disarankan digunakan oleh orang lanjut usia untuk menghindari kemungkinan terpeleset. Selain itu, posisi jongkok yang terlalu lama dapat memicu timbulnya atritis (pembengkakan sendi) dan kesemutan. 

Kloset Duduk 

Gambar4. Kloset jongkok dengan desain yang moderen
Sumber: i.pinimg.com

Kloset jenis ini awalnya banyak ditemuai di negara barat seperti di Amerika. Ada dua jenis kloset duduk yang biasanya digunakan; kloset manual tanpa flush otomatisdan kloset yang dilengkapi dengan tombol atau tuas otomatis. Kelemahan kloset duduk diantaranya adalah dapat memicu banyak penyakit dan menularkan berbagai macam bakteri/kuman karena penggunaannya yang bersinggungan langsung dengan kulit. Dari segi kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan tubuh, buang air dengan posisi duduk dinilai tidak lebih sehat daripada posisi jongkok. Namun bisa hal ini bisa diakali dengan menggunakan penyangga di bagian kaki pada bagian bawah. Kenyamanan, desain yang modern, dan fasilitas yang semakin berkembang membuat kloset duduk kini banyak dipakai pada bangunan modern seperti hotel, gedung perkantoran, dan tempat umum seperti mall. Bahkan kloset duduk yang ada di Jepang terkenal dengan teknologi yang super canggih. 

Nah, jika Anda lebih memilih kloset duduk untuk kebutuhan kamar mandi rumah, Pantes Gallery Semarang menawarkan promo menarik dari berbagai macam merk kloset. Mulai dari diskon dan paket hemat yang dilengkapi dengan selang, pipa saluran air, hingga exhaust fan. Jadi, Anda tidak perlu membeli satu-persatu secara terpisah. Konsultasikan kebutuhan kamar mandi Anda dengan staff Pantes Gallery untuk mendapatkan solusi kamar mandi yang Anda inginkan. Cek pantesgallery.com atau hubungi langsung melalui WhatsApp di +62 811 2628 022 untuk informasi diskon, promo, dan penawaran menarik lainnya. Selamat berbelanja!

Comments

Post has no comments.

Enter Word Verification in box below

Captcha Image

Trackback Link

http://pantesgallery.com/BlogRetrieve.aspx?BlogID=20142&PostID=1019299&A=Trackback

Trackbacks

Post has no trackbacks.

CALL NOW (024) 352 2022