Article

Tuesday, January 09, 2018

5 Tanaman Hias Minim Perawatan untuk Teras Rumah

Home > Article > 5 Tanaman Hias Minim Perawatan untuk Teras Rumah

Sumber: Google Images

Teras rumah merupakan bagian pertama yang akan dilihat oleh tamu sebelum mereka memasuki rumah Anda. Oleh sebab itu, beberapa orang sengaja menanam berbagai macam tanaman untuk memberi kesan rumah yang segar dan asri. Namun, rutinitas sehari-hari yang menyita waktu tak jarang membuat kita tidak sempat untuk merapikan tanaman yang membutuhkan perawatan ekstra secara teratur.

Jika Anda termasuk orang yang sibuk tetapi ingin memiliki tanaman hias untuk teras rumah dengan perawatan yang minim, coba simak beberapa jenis tanaman low-maintenance berikut ini!

1. Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Sumber: www.gardeningknowhow.com

Tanaman rambat semi-epifit (menumpang) ini beradaptasi dengan baik di mana pun ia berada. Baik menempel di pohon, di atas pot berisi tanah, atau di dalam vas kaca berisi air. Jika Anda memilih media tanah, cukup siram tanaman sirih gading di bagian dekat akar. Namun jika Anda memilih media air, maka cukup ganti air 2-3 hari sekali. Tanaman ini sangat cocok jika dibiarkan menggantung atau merambat di dinding teras Anda.

2. Lidah Mertua (Sansivieria trifasciata)

Sumber: www.pinterest.com

Selain bentuknya yang tegak dan daunnya yang keras, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat. Selain cocok diletakkan di teras rumah karena mampu menyerap polusi, Lidah Mertua juga cocok diletakkan di ruang TV karena dapat menyerap radiasi. Gunakan media tanam tanah, pasir, sekam bakar, dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1:1. Tempatkan Lidah Mertua di area yang mendapatkan sinar matahari langsung terutama pagi hari, dan siram di dekat akar 2 kali dalam satu minggu.

3. Keladi Hias (Caladium sp.)

Sumber: www.southernliving.com

Keladi Hias memiliki benyak jenis. Ciri utama tanaman ini adalah bentuk daunnya yang unik dan memiliki corak dengan warna yang beragam. Keladi Hias hanya perlu disiram sekali sehari di bagian akar. Pastikan tanaman ini mendapat cahaya matahari yang cukup, agar warna daunnya tetap cantik. Pemupukan hanya perlu dilakukan sebulan sekali dengan menggunakan pupuk kompos. 

4. Tanduk Rusa (Platycerium)

Sumber: www.buzzfeed.com

Tanduk Rusa dengan jenis daun yang menjuntai paling cocok digantungkan pada dinding teras rumah Anda. Tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Siram Tanduk Rusa hanya saat tanaman ini terlihat layu saja, dan lakukan pemupukan dengan pupuk cair yang disemprot pada bagian akar.

5. Monstera (Monstera deliciosa)

Sumber: www.elledecor.com

Monstera sebenarnya merupakan jenis tanaman yang tidak bisa terkena paparan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan tanaman ini di teras rumah yang teduh atau bisa juga diletakkan di dalam rumah. Lakukan penyiraman setiap 2-3 kali dalam satu minggu, dan berikan pupuk secara berkala.

Selain memilih tanaman yang cocok untuk teras rumah, variasikan juga pot atau tempat Anda menanam tanaman sesuai dengan jenis dan ukuran tanaman hias, agar lebih menarik dan cantik. 

Comments

Post has no comments.

Enter Word Verification in box below

Captcha Image

Trackback Link

http://pantesgallery.com/BlogRetrieve.aspx?BlogID=20142&PostID=1005534&A=Trackback

Trackbacks

Post has no trackbacks.

CALL NOW (024) 352 2022